ayam bangkok aduan
Hobi

Cara Memelihara Ayam Untuk Di Adu

ayam bangkok aduan

Dalam masyarakat komunitas pecinta ayam jago di negeri ini, yang namanya ayam bangkok sudah tidak asing lagi di dengar, bahkan menjadi kegemaran untuk di pelihara. Tetapi tidak semua orang mengerti cara merawat ayam bangkok aduan yang tepat agar selalu menang di sabung ayam sbobetindo. Sebenarnya perawatan ayam sejak masih kecil menentukan kualitas ayam setelah besar.

Tip untuk merawat ayam aduan yang tepat tidak boleh mengabaikan ukuran kandang dengan umur ayam. kamu harus siapkan kandang masing – masing untuk anak ayam dan induknya. Untuk Kandang kedua ayam yang masih kecil dan induknya harus di bedakan karena perawatannya tidak boleh sama.
Anak ayam yang baru menetas sebaiknya ditempatkan di kandang yang di kasih lampu agar suhunya tetap hangat. Cara ini penting dilakukan sebab anak ayam yang baru usia 1 sampai 3 hari masih sangat lemah akan kematian. Jadi bisa menggunakan kotak atau box kardus yang diberi lampu kecil yang wattnya sekitar 5 watt.

Dengan cara demikian termasuk cara yang terbaik untuk dasar pemeliharaan ayam aduan yang baik. Anak ayam yang masih kecil juga harus di berikan makanan yang benar dengan asupan yang mengandung gizi atau suplemen yang baik. Untuk anak ayam yang baru umurnya masih 2 hari biasanya cukup kasih minum air putih yang bersih.

Selain di berikan air putih anda bisa mencampurnya dengan pur atau bekatul ke dalam air putih tersebut dengan catatan jangan terlalu banyak campuran pur atau bekatulnya cukup 4 banding 1 kira – kira begitu.

Ketika ayam aduan yang di pelihara mencapai 3 bulan bisa memberikan makanan voer 592 dan air minum yang tersaji dalam kandangnya harus di ganti setiap harinya agar terjaga kesehatan airnya ketika di minum sang ayam aduan yang kita pelihara. Jika ayam sudah berusia 4 bulan atau 6 bulan juga bisa anda berikan makanan nasi yang di campur agar ayam lebih kuat staminanya jika makan nasi yang lembek terutama jika ingin anda berikan ke ayam aduan peliharaan anda yang anda rawat.

Selain hal yang tadi kita bahas ayam juga bisa di berikan susu karena ini juga penting karena susu mengandung protein yang bisa memberikan kekebalan bagi ayam tersebut kemudian harinya agar tidak mudah terkena sakit sebab susu juga mengandung banyak vitamin yang baik untuk ayam.

Bukan hanya memberikan makanan yang bergizi dan minuman yang bervitamin tetapi rumah atau kandang ayam yang kita pelihara juga harus di jaga kebersihannya setiap hari selain menjaga kebersihan ayam aduan yang kita pelihara ayam juga harus di mandikan misalnya membasuhnya dengan air bersih dan setelah itu ayam kita jemur agar kering.

Tip untuk cara memandikan ayam bangkok yang biasanya untuk aduan caranya juga mudah misalnya pegang ayamnya dengan lembut kemudian di elus – elus badannya agar sang ayam tenang kemudian perlahan – lahan kita masukan air dalam ember yang terisi air lalu kemudian gunakan spons atau busa kita masukan dalam air di ember kita dan kita basuh dari bagian kepala ayam dulu.
Setelah kepala kita perlahan basuh bagian leher, sayapnya dan dada hingga bagian kaki bisa kita cuci dengan air langsung setelah itu lap kering dengan handuk yang lembut agar tetap terjaga warna ayamnya yang bagus setelah itu jemur ayam tersebut agar air yang masuk kedalamnya kering dan tubuh menjadi hangat.

Jadi untuk anda yang ingin memelihara ayam bangkok untuk kemudian besarnya di bisa jadi ayam untuk di adu caranya demikian kurang lebih memelihara dan merawatnya, cukup mudah bukan jika anda ingin mencobanya ketika memelihara ayam.